• Jum. Jul 19th, 2024

Peningkatan Sarana Prasarana di Lingkungan STIE Port Numbay Jayapura

Jan 15, 2024

‎stie-portnumbay.ac.id – Sarana prasarana yang memadai memiliki peran yang sangat penting dalam mendukung proses pembelajaran di lingkup pendidikan, termasuk Perguruan tinggi. Membangun lingkungan pembelajaran yang optimal adalah salah satu upaya untuk menciptakan pengalaman pendidikan yang berkualitas bagi mahasiswa.

Salah satu alasan mengapa sarana prasarana penting adalah karena mereka menyediakan fasilitas yang dibutuhkan untuk pembelajaran efektif. Misalnya, ruang kelas yang nyaman dan dilengkapi dengan teknologi modern dapat membantu mahasiswa untuk fokus dan terlibat dalam proses pembelajaran. Ruangan yang lengkap dan terkini juga penting untuk mendukung praktikum dan penelitian yang berhubungan dengan bidang studi mahasiswa.

Selain itu, sarana prasarana yang memadai juga mencakup perpustakaan lengkap dengan koleksi buku dan sumber daya informasi digital. Perpustakaan merupakan tempat penting bagi mahasiswa untuk melakukan studi dan mencari referensi. Selain sarana fisik, sarana prasarana juga mencakup teknologi informasi dan komunikasi. Perguruan tinggi yang dilengkapi dengan jaringan internet yang cepat dan akses ke perangkat komputer membantu mahasiswa dalam akses terhadap informasi, pembelajaran online, dan kolaborasi dengan sesama mahasiswa dan dosen.

Pentingnya sarana prasarana dalam pendidikan tidak hanya berdampak pada proses pembelajaran, tetapi juga pada citra dan daya tarik lembaga pendidikan. Institusi pendidikan yang memiliki sarana prasarana yang modern dan lengkap dapat lebih menarik bagi calon mahasiswa. Hal ini dapat meningkatkan jumlah pendaftar dan membuat nama Perguruan tinggi dikenal dikalangan masyarakat luas.

Namun, penting untuk diingat bahwa sarana prasarana saja tidak cukup. Pengelolaan yang baik dan pemeliharaan rutin juga diperlukan agar fasilitas tersebut tetap dalam kondisi yang baik dan berfungsi dengan optimal. Investasi yang berkelanjutan dalam pengembangan dan perbaikan sarana prasarana juga perlu dilakukan agar institusi pendidikan tetap relevan dan bersaing di era perkembangan teknologi yang terus berubah.

Dalam rangka mencapai tujuan pendidikan yang berkualitas, penting bagi Perguruan tinggi untuk memprioritaskan pengembangan dan pemeliharaan sarana prasarana yang memadai. Lingkungan pembelajaran yang optimal dan fasilitas yang lengkap akan memberikan dampak positif bagi proses pembelajaran, keterlibatan mahasiswa, dan citra institusi pendidikan secara keseluruhan.

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Port Numbay Jayapura terus melakukan pengembangan dan perbaikan pembelajaran, salah satunya dengan merenovasi gedung. Gedung adalah salah satu penunjang agar penyelenggaraan pendidikan dapat berjalan dengan semestinya baik untuk pengelola pendidikan, pengajar, maupun mahasiswa dalam rangka menunjang proses belajar mengajar yang nyaman baik secara langsung maupun tidak langsung.

Saat ini konstruksi pembangunan gedung STIE Port Numbay sedang berlangsung dengan memperhatikan dampak lingkungan sekitar yang juga telah terjaga. Selama pembangunan gedung, proses belajar mengajar perkuliahan dilakukan secara online, sesuai dengan surat edaran terkait pembongkaran gedung STIE Port Numbay, No. 250/STIE-PN/XI/2023. Direncanakan gedung yang dahulu hanya terdiri dari 4 ruang kuliah akan dirubah dan diperbaiki menjadi lantai 3.

Tujuan direnovasinya gedung STIE Port Numbay adalah untuk menambah ruang kuliah dan beberapa ruang kantor lainnya, sehingga diharapkan semakin meningkatnya fasilitas yang diberikan STIE Port Numbay kepada mahasiswa. Semoga apa yang telah dirancang dalam pembangunan gedung baru ini dapat memberikan kontribusi dalam dunia pendidikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *