• Jum. Jul 19th, 2024

Tim Asesor LAMEMBA Lakukan Asesmen Lapangan Untuk Program Studi Ekonomi Pembangunan STIE Port Numbay Jayapura

Jun 19, 2024 ,

stie-portnumbay.ac.id – Pada tanggal 10-12 Juni 2024, bertempat di ruang pascasarjana STIE Port Numbay dilaksanakan Asesmen Lapangan Program studi S1 Ekonomi Pembangunan oleh Tim Asesor dari LAMEMBA.

Asesmen Lapangan (AL) merupakan salah satu tahapan dalam proses akreditasi yang bertujuan untuk melakukan verifikasi, validasi dan klarifikasi terhadap data informasi tertulis pada Dokumen Evaluasi Diri (DED) meliputi Sarana prasarana, Sumber Daya Manusia, Mahasiswa dan Alumni, Dosen dan Tenaga Kependidikan, Mitra, Stakeholder dan Pengguna Lulusan, serta melakukan penilaian lapangan di Program Studi.

Tim asesor yang ditunjuk oleh LAMEMBA untuk asesmen lapangan Program studi S1 Ekonomi Pembangunan STIE Port Numbay Jayapura yaitu Prof. Suyanto, SE., M.Ec. Dev., Ph.D dari Universitas Surabaya dan Dr. Dr. Taosige Wau, SE., M.Si dari UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Ketua STIE Port Numbay Dr. John Agustinus, SE., MM menyambut baik dan merasa bersyukur atas kunjungan Asesor LAMEMBA. Beliau berharap melalui asesmen ini, kualitas penyelenggaraan pendidikan di STIE Port Numbay akan lebih meningkat. “Kami merasa sangat bersyukur atas kesempatan ini dan berterima kasih kepada Tim Asesor LAMEMBA yang telah meluangkan waktu untuk melakukan penilaian lapangan terhadap Program studi Ekonomi Pembangunan. Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan yang kami tawarkan guna menghasilkan lulusan berkualitas dan siap menghadapi tantangan di dunia profesional”, ungkap John Agustinus.

Banyak upaya yang telah dilakukan program studi agar proses akreditasi sesuai dengan standar dan target. Ketua Program studi S1 Ekonomi Pembangunan Verdi Payung Tappi, SE., M.Si sudah lama membentuk tim penyusun standar akreditasi. Dosen terbagi menjadi beberapa kelompok sesuai dengan pemahaman dan pengalaman sebelumnya dalam menyusun dan melengkapi masing-masing standar yang telah ditentukan. Tujuan akreditasi tersebut adalah untuk melakukan evaluasi dan menilai secara komprehensif atas komitmen perguruan tinggi terhadap mutu dan kapasitas penyelenggaraan tridharma perguruan tinggi untuk menentukan kelayakan program studi dan unit pengelola program studi.

Selama tiga hari, Tim Asesor melakukan penilaian terhadap berbagai aspek, termasuk kurikulum, sarana dan prasarana, tenaga pengajar, serta fasilitas pendukung lainnya. Pada hari ketiga, Asesor memberikan berbagai masukan berharga yang diharapkan dapat menjadi acuan bagi perbaikan dan pengembangan program studi ke depannya. Asesor juga menyampaikan beberapa rekomendasi yang penting untuk meningkatkan kualitas program studi. Asesmen lapangan ditutup dengan penyampaian rekomendasi dan penandatangan berita acara.

STIE Port Numbay percaya bahwa asesmen lapangan ini memberikan arahan berharga untuk merumuskan langkah-langkah pengembangan yang lebih baik di masa depan. Semua pihak yang terlibat berharap bahwa proses akreditasi berlangsung dengan sukses dan memberikan kontribusi positif dalam upaya mencapai standar pendidikan yang lebih tinggi di Indonesia.

Program studi S1 Ekonomi Pembangunan mengucapkan terima kasih kepada Ketua Yayasan Cinta Tanah Air Dr. Drs. Najaruddin Toatubun, MM yang telah menjadi support utama agar terlaksananya kegiatan Akreditasi mulai dari awal hingga saat kegiatan Asesmen lapangan ini berlangsung. Serta kepada Ketua STIE Port Numbay beserta Wakil Ketua I, II, III dan IV yang telah banyak memberikan arahan dan mengawal proses Akreditasi sampai ke tahap Asesmen lapangan. Tanpa dukungan yang intensif,  kegiatan akreditasi tidak akan dapat berjalan dengan lancar.

Selain itu, ucapan terima kasih juga disampaikan kepada unit-unit terkait di lingkungan kampus STIE Port Numbay Jayapura, para stakeholder yang telah hadir dan mendukung pelaksanaan Asesmen lapangan terkhusus bagi segenap keluarga besar Program studi S1 Ekonomi Pembangunan yakni Dosen, Staf, Mahasiswa, para Alumni, maupun  anggota CS yang telah mendukung penuh agar Akreditasi ini dapat terlaksa dengan lancar.

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Port Numbay Jayapura optimis bahwa Program studi S1 Ekonomi Pembangunan mampu mencapai akreditasi yang lebih baik dan terus berkontribusi dalam mencetak tenaga profesional yang kompeten di bidang Ekonomi. Harapannya agar STIE Port Numbay Jayapura dapat membantu mendorong peningkatan mutu pendidikan di kampus.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *