• Jum. Jul 19th, 2024

Asesmen Lapangan Akreditasi oleh LAMEMBA Pada Program Studi S1 Manajemen STIE Port Numbay Jayapura

Jun 14, 2024 ,

stie-portnumbay.ac.id – Pada tanggal 4-6 Juni 2024 telah dilaksanakan kegiatan Asesmen Lapangan Akreditasi oleh LAMEMBA bagi Program Studi S1 Manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Port Numbay Jayapura. LAMEMBA adalah Lembaga Akreditasi Mandiri Ekonomi, Manajemen, Bisnis, dan Akuntansi yang bertugas untuk melakukan proses Akreditasi Program studi di Bidang Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi.

Tujuan dari akreditasi yaitu untuk melakukan evaluasi dan menilai secara komprehensif atas komitmen perguruan tinggi terhadap mutu dan kapasitas penyelenggaraan Tridharma Perguruan Tinggi dalam menentukan kelayakan program studi dan unit pengelola program studi. Asesmen kecukupan dan asesmen lapangan dilakukan oleh tim asesor yang terdiri atas pakar yang memahami hakikat pengelolaan perguruan tinggi. Tim asesor yang ditunjuk oleh LAMEMBA untuk asesmen lapangan Program S1 Manajemen STIE Port Numbay Jayapura yaitu Dr. Deddy Marciano, SE., MM., CBC., CSA dari Universitas Surabaya dan Dr. Ica Rika Candraningrat, SE., MM dari Universitas Udayana.

Pada hari pertama Asesmen lapangan dilaksanakan di ruang kuliah pascasarjana yang dihadiri Ketua STIE Port Numbay Dr. John Agustinus, SE., MM, Ketua Yayasan Cinta Tanah Air Dr. Drs. Najaruddin Toatubun, MM, serta dosen-dosen program studi Manajemen. Kegiatan asesmen lapangan dilakukan dengan memverifikasi bukti-bukti pendukung tambahan yang diperlukan untuk melengkapi dokumen akreditasi. Selama proses tersebut, pihak asesor memberikan saran dan masukan untuk dilengkapi segera mungkin agar bisa dilakukan perbaikan dalam proses penilaian.

Penjelasan dipaparkan oleh Ketua Program studi Manajemen Dr. Dani Melmambessy, SE., M.Si dengan didukung dari Lembaga Penjaminan Mutu Dr. Wa Ariadi, SE., M.Si. Selanjutnya sesi wawancara secara daring yang dihadiri berbagai perwakilan alumni, pengguna lulusan, dosen, tenaga kependidikan dan mahasiswa. Semua pihak yang diminta menjadi partisipan memberikan keterangannya masing-masing sesuai pertanyaan yang diajukan oleh Asesor.

 

Pada hari kedua dilakukan peninjauan lapangan untuk melihat kondisi nyata sarana dan prasarana yang telah disediakan STIE Port Numbay Jayapura. Peninjauan lapangan dilakukan bersama Wakil Ketua I Yuniar Sri Hartati, SE., M.Si. Peninjauan diantaranya adalah sarana dan prasarana baik fisik maupun digital yang menunjang proses pembelajaran mahasiswa dalam pelaksanaan Tridharma perguruan tinggi bagi dosen, seperti laboratorium Komputer, laboratorium Bank mini, laboratorium Bahasa, Perpustakaan serta Ruang Unit Kesehatan Mahasiswa. Hal tersebut dilakukan dalam rangka memastikan kebenaran dan kesesuaian informasi yang disampaikan oleh Program studi Manajemen kepada LAMEMBA dalam dokumen akreditasi.

Asesmen lapangan ditutup pada hari ketiga dengan penyampaian rekomendasi dan penandatangan berita acara. Tim asesor LAMEMBA menyampaikan bahwa semua pencapaian sudah baik dan juga memberikan rekomendasi untuk perbaikan berkelanjutan. Dr. John Agustinus, SE., MM mengucapkan terima kasih atas rekomendasi yang disampaikan oleh kedua Asesor yang sudah sejalan dengan rencana yang telah disusun STIE Port Numbay Jayapura.

“Asesmen lapangan akreditasi STIE Port Numbay dapat dilalui dengan baik atas dukungan luar biasa yang diberikan Yayasan Cinta Tanah Air, berkat dukungan tersebut semua pihak berupaya semaksimal mungkin dalam pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi. Hasilnya, kami sudah menjalankan program kegiatan belajar-mengajar dengan baik bersama dosen-dosen yang berkualitas. Kerja sama yang terjalin dengan mitra kami baik skala nasional maupun internasional, antara lain kerja sama dengan PT. Freeport Indonesia, Pemerintah Daerah Provinsi Papua, Bank Papua, Bank Negara Indonesia dan masih banyak lagi. Tentu kerja sama tersebut membantu kami mengembangkan STIE Port Numbay serta membuka akses terhadap mahasiswa untuk melaksanakan program kampus merdeka belajar dalam bidang pengembangan SDM di Tanah Papua, maka besar harapan kami agar Program Studi S1 Manajemen  dapat mempertahankan Akreditasi Baik sekali atau naik menjadi Unggul”, tutup John Agustinus.

 

Asesmen ini merupakan langkah penting untuk menjamin mutu Program studi dan Perguruan Tinggi secara eksternal baik di bidang akademik maupun non-akademik untuk melindungi kepentingan mahasiswa dan masyarakat. Kehadiran Tim Asesor tentu merupakan wujud komitmen STIE Port Numbay Jayapura khususnya Program studi S1 Manajemen dalam rangka meningkatkan kualitas mutu pendidikan yang diberikan kepada masyarakat.

Program studi S1 Manajemen STIE Port Numbay Jayapura berkomitmen penuh untuk menjamin pemenuhan standar pendidikan tinggi secara sistemik dan berkelanjutan sehingga tumbuh dan berkembang budaya mutu pendidikan tinggi dengan mengacu pada Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Semoga Program studi S1 Manajemen STIE Port Numbay Jayapura mendapatkan hasil yang positif dari asesmen lapangan kali ini serta menjadi program studi dengan predikat Baik sekali atau Unggul.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *