• Jum. Jul 26th, 2024

Penyuluhan TBC Paru dan Kesehatan Reproduksi Serta Pemeriksaan Kesehatan Bagi Dosen, Karyawan dan Mahasiswa STIE Port Numbay Jayapura

Mar 25, 2024

stie-portnumbay.ac.id – Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Port Numbay Jayapura mengadakan penyuluhan TBC paru dan kesehatan reproduksi serta pemeriksaan kesehatan yang dilakukan oleh Puskesmas Twano Entrop. Kegiatan ini diselenggarakan di ruang kuliah 7 dan diikuti 80 orang yang terdiri dari Dosen, Karyawan dan Mahasiswa STIE Port Numbay, Senin (26/3/2026).

Kegiatan diawali dengan penyuluhan TBC paru dan kesehatan reproduksi yang disampaikan oleh dr. Hesti Purikasari. “TBC merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh kuman Mycobacterium tuberculosis. Kuman tersebut menyerang bagian tubuh manusia seperti paru-paru, tulang sendi, usus, kelenjar limfe, selaput otak. TBC bukan penyakit keturunan dan dapat disembuhkan dengan pengobatan yang tepat, bila tidak disembuhkan dapat menyebabkan kematian. Kuman TBC disebarkan oleh penderita TBC yang belum berobat, batuk dan bersin tanpa menutup mulutnya kemudian masuk kedalam paru-paru manusia melalui saluran pernapasan. TBC dapat menyerang siapa saja, terutama mereka yang tinggal di dalam rumah gelap, lembab, dan ventilasi udara yang tidak baik”, jelas dr. Hesti.

Tanda dan gejala penyakit TBC seperti batuk berdahak selama 3 minggu atau lebih, demam dan meriang sebulan atau lebih, nyeri dada dan sesak napas, nafsu makan dan berat badan menurun, dahak bercampur darah, keluar keringat di malam hari tanpa ada kegiatan, serta badan terasa lemah. Cara mencegah penularan agar terhindar dari penyakit TBC yaitu dengan menjalankan pola hidup sehat, diantaranya menutup mulut waktu bersin dan batuk, tidak meludah disembarang tempat, ventilasi rumah yang baik agar udara dan sinar matahari masuk ruangan, tidur dan istirahat yang cukup, meningkatkan daya tahan tubuh dengan gizi seimbang, tidak merokok dan minum minuman berakhohol serta olah raga teratur.

Peserta sangat antusias mengikuti kegiatan penyuluhan sampai selesai kemudian TIM dari Puskesmas Twano melakukan pemeriksaan dan pengobatan kepada peserta yang hadir. “STIE Port Numbay Jayapura mengucapkan terima kasih kepada Puskesmas Twano yang telah datang melakukan penyuluhan serta pemeriksaan, terima kasih juga kepada semua Dosen, staf dan mahasiswa yang telah hadir. Dengan adanya penyuluhan ini semoga dapat meningkatkan pengetahuan terkait TBC paru dan kesehatan reproduksi sehingga kita terhindar dari penyakit tersebut atau apabila ada yang terkena penyakit tersebut menjadi paham tentang cara pengobatannya”, tutup Dr. John Agustinus, SE., MM selaku Ketua STIE Port Numbay Jayapura.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *