• Sel. Feb 20th, 2024

“Pendampingan Manajemen Pemasaran Hasil Produk Penyandang Disabilitas Di Kota Jayapura” oleh Dosen dan Mahasiswa Magister Manajemen STIE Port Numbay Jayapura

Nov 27, 2023

‎stie-portnumbay.ac.id – Penyandang disabilitas memiliki kedudukan, hak dan kewajiban yang sama dengan masyarakat non disabilitas. Selama ini sebagian masyarakat memberikan stigma negatif dan juga adanya perilaku diskriminasi di segala hal, seperti sedikit peluang pekerjaan formal, tidak adanya fasilitas publik, sehingga kelompok ini merupakan elemen masyarakat yang rentan dengan kemiskinan.

Untuk keberlanjutan dan menjaga masa depan para penyandang disabilitas ini diperlukan peningkatan kecakapan hidup sebagai sebuah terobosan. Kecakapan hidup sebagai bekal untuk menapaki kemandirian hidup ini sangat dibutuhkan di lingkungan masyarakat khususnya penyandang disabilitas.

 

Dalam Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), tim menjalin kerja sama dengan salah satu yayasan penyandang disabilitas yang membutuhkan berbagai pelatihan untuk meningkatkan kecakapan hidup dan juga kemandirian penyandang disabilitas.

Salah satu strategi yang dapat diterapkan adalah melalui pendampingan manajemen pemasaran hasil produk. Hal ini memotivasi tim Pengabdian Masyarakat untuk hadir menyelenggarakan PKM dengan tema “Pendampingan manajemen pemasaran hasil produk penyandang disabilitas di Kota Jayapura”.

Kegiatan PKM diselenggarakan pada hari Jumat, 24 November 2023. Pengabdian masyarakat dilakukan oleh Dosen bersama Mahasiswa magister manajemen STIE Port Numbay Jayapura kepada Yayasan yang diperuntukan bagi para penyandang disabilitas.

Dibalik keterbatasan yang dimiliki anggota atau penghuni Yayasan yang bertempat di Polimak, Jayapura, terdapat sikap kemandirian yang sangat kuat untuk bisa berwirausaha dengan menghasilkan produk-produk yang mudah mereka produksi.

Ketua Program studi Magister Manajemen Dr. Ir. Stevanus Thane, MM mengungkapkan pendampingan manajemen pemasaran hasil produk merupakan salah satu solusi yang dapat diterapkan pada para penyandang disabilitas. Pembekalan konsep terkait pengelolaan suatu bisnis, keuntungan yang diperoleh dan tidak lupa pemaparan konsep pemasaran hasil produk ini dikemas dengan bahasa yang mudah dipahami secara sederhana.

“Kegiatan pendampingan ini akan meningkatkan kemampuan para penyandang disabilitas dalam memasarkan hasil  produksi sendiri sebagai upaya untuk menumbuhkan jiwa berwirausaha” ungkap Stevanus.

Para penyandang disabilitas sangat semangat dan antusias dalam mengikuti kegiatan PKM ini. Beberapa dari mereka menyumbangkan sebuah lagu yang dinyanyikan dengan penuh kegembiraan.

Kegiatan PKM diakhiri dengan memberikan bantuan guna mendukung kegiatan produksi tersebut, serta dilakukan foto bersama. Bantuan diserahkan langsung oleh Ketua Program studi Magister manajemen Dr. Ir. Stevanus Thane, MM kepada Ketua Yayasan Penyandang Disabilitas, Stevanus Imbiri. “Semoga dengan pemberian bantuan ini dapat meningkatkan produktivitas hasil produksi”, pungkas Stevanus.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *