• Sel. Feb 20th, 2024

Mahasiswa STIE Port Numbay Mengikuti Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Wirausaha Merdeka

Okt 19, 2023

stie-portnumbay.ac.id – Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Port Numbay mengikuti Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) melalui salah satu program flashshipnya “Wirausaha Merdeka di Negeri Tapal Batas Dua” yang diadakan Universitas Cenderawasih.

Kampus Merdeka sesuai Peraturan Mendikbud No. 3 Tahun 2020, memberikan hak kepada mahasiswa untuk 3 semester belajar di luar program studinya. Melalui program ini, terbuka kesempatan luas bagi mahasiswa untuk memperkaya dan meningkatkan wawasan serta kompetensinya di dunia nyata sesuai dengan passion dan cita-citanya.

STIE Port Numbay Jayapura telah mengikuti program ini dengan baik dan menjadikan program Wirausaha Merdeka sebagai kesempatan untuk berkembang dengan lebih maksimal, termasuk bagaimana mahasiswa dapat berkembang melalui program MBKM. Kegiatan yang berlangsung selama 16 minggu ini melibatkan Mahasiswa, Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Mentor Eksternal, Coach/Expert serta beberapa perguruan tinggi mitra di Kota Jayapura.

Wirausaha Merdeka adalah bagian dari program Kampus Merdeka Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Indonesia yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa belajar dan mengembangkan diri menjadi calon wirausahawan melalui aktivitas di luar kelas perkuliahan. Program Wirausaha Merdeka berkolaborasi dengan Perguruan Tinggi pelaksana program mengembangkan pembelajaran wirausaha yang mampu mengasah jiwa kewirausahaan, mendorong peningkatan pengalaman wirausaha dan peningkatan kemampuan daya kerja mahasiswa.

Program Wirausaha Merdeka Tahun 2023 akan menetapkan standar acuan tahapan pelaksanaan program yang akan dilakukan oleh Perguruan Tinggi pelaksana program dimana tahapan akan dibagi menjadi 3 bagian :

Tahap Pre-Immersion
Pada tahapan ini diharapkan perguruan tinggi melakukan proses pembelajaran pengetahuan dasar terkait keahlian dan kompetensi wirausaha. Diharapkan Mahasiswa mampu memiliki pengetahuan dasar kewirausahaan dan peningkatan mindset wirausaha serta memvalidasi ide bisnisnya. Pada tahapan ini dijelaskan secara detail terkait tahapan pelaksanaan, materi yang akan disampaikan untuk mencapai target serta metode pembelajaran yang akan dilakukan. Materi diberikan secara bertahap melalui zoom meeting.

 

Tahap Immersion
Pada tahapan ini, perguruan tinggi pelaksana program melakukan kerjasama dengan UMKM dan/atau industri untuk memfasilitasi secara langsung mahasiswa belajar dan mendapatkan pengalaman secara nyata (onboarding). Diharapkan Mahasiswa mampu membuat model bisnis dan melakukan prototyping. Dijelaskan bagaimana model kerjasama yang akan dilakukan, penjelasan terkait proses mentoring oleh UMKM atau Industri, tahapan pelaksanaan serta outcome yang akan dicapai dari pelaksanaan onboarding.

Tahap Post-Immersion
Pada tahapan ini, mahasiswa akan kembali ke perguruan tinggi pelaksana program untuk mendapatkan pendampingan secara intensif sehingga Mahasiswa mampu melakukan proses dan tahapan validasi produk dan kelayakan usaha. Dijelaskan model pendampingan yang akan dilakukan, tahapan pendampingan dan strategi pencapaian target bahwa mahasiswa telah memenuhi kompetensi yang telah ditetapkan.

Manfaat untuk Mahasiswa STIE Port Numbay Jayapura sebagai berikut :

  1. Memberikan pengalaman praktis bagi mahasiswa dalam kegiatan wirausaha melalui proses pembekalan mindset dan kompetensi kewirausahaan, pengembangan dan penciptaan konsep usaha, praktek dan pengembangan wirausaha.
  2. Memiliki kompetensi dalam menganalisa usaha dan penciptaan peluang usaha
  3. Memiliki peningkatan kemampuan daya kerja yang pada akhirnya akan meningkatkan kualitas dan kapasitas lulusan Perguruan Tinggi.
  4. Kesempatan untuk dapat belajar di luar kampus untuk mengembangkan ilmu di bidang kewirausahaan.
  5. Program ini juga akan memberikan manfaat bagi mahasiswa untuk mendapatkan pengakuan SKS dari rangkaian kegiatan yang dilakukan sebesar setara 20 SKS.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *