• Jum. Jul 19th, 2024

Pembukaan Bimbingan Teknis dan Sosialisasi Akselerasi Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka Mandiri di STIE Port Numbay Jayapura

Sep 13, 2023

stie-portnumbay.ac.id – Mendukung Implementasi Kampus Merdeka Mandiri, LLDikti wilayah XIV bekerjasama dengan Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) dan Tim Kampus Merdeka Mandiri (KMM) Diktiristek menyelenggarakan Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka Mandiri selama dua hari, 12-13 September 2023 berlangsung di Aula lantai 3 STIE Port Numbay Jayapura. Kegiatan ini dihadiri oleh Pimpinan dan perwakilan perguruan tinggi swasta di lingkungan LLDikti Wilayah XIV Papua dan Papus Barat.

Kegiatan berlangsung dengan mengangkat agenda Bimtek Internalisasi MBKM Mandiri. Dr. Suriel S. Mofu, S.Pd., M.Ed., TEFL., M.Phil selaku Kepala LLDikti wilayah XIV Papua-Papua Barat menyambut baik kehadiran Tim Belmawa dan Tim KMM dalam penyelenggaraan kegiatan Sosialisasi dan Bimtek MBKM Mandiri. Beliau menerangkan, kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka diluncurkan pada 2020. LLDikti adalah lembaga yang memiliki tugas utama membantu peningkatan mutu penyelenggaraan pendidikan tinggi.

“Guna mendukung akselerasi implementasi MBKM Mandiri di perguruan tinggi, maka kami melaksanakan bimbingan teknis secara daring dan luring, selama dua hari. Tujuannya agar pelaksanaannya lebih kontekstual berdasarkan potensi dan tantangan di setiap perguruan tinggi, sehingga pelaksanaan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Mandiri di lingkup kerja LLDikti wilayah XIV Papua-Papua Barat mampu membangun ciri dan keunikan yang beragam, tergantung kondisi dan perkembangan di daerah masing-masing”, ungkap Pak Suriel Mofu saat memberikan sambutan yang disaksikan secara daring dari kampus STIE Port Numbay Jayapura.

“Terima kasih telah memberikan bimbingan teknis akselerasi agar perguruan tinggi yang berada di Papua-Papua Barat tidak tertinggal dalam proses Merdeka Belajar Kampus Merdeka Mandiri di Tanah Papua. Kedepannya kita akan terus melakukan kegiatan-kegiatan yang sama, mudah-mudahan koordinasi tidak hanya di ruangan ini, silahkan bangun terus komunikasi dalam berkoordinasi terkait hal-hal berkaitan dengan Merdeka Belajar Kampus Merdeka Mandiri, ini memberikan ruang yang sangat besar bagi setiap perguruan tinggi untuk menata, mengelola dan mengatur¬† perguruan tingginya masing-masing”, pesan Pak Suriel Mofu.

Pada acara yang dilaksanakan pada 12-13 September 2023, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Port Numbay Jayapura menjadi tuan rumah dalam kegiatan Bimbingan teknis dan sosialisasi akselerasi implementasi MBKM Mandiri. Ratusan peserta dari perwakilan seluruh perguruan tinggi di wilayah Regional Papua-Papua barat ikut andil, baik secara daring maupun luring.

Ketua STIE Port Numbay Jayapura, Dr. John Agustinus, MM dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada perguruan tinggi yang telah hadir di kampus STIE Port Numbay Jayapura. “MBKM Mandiri memberikan peluang bagi perguruan tinggi untuk meningkatkan kualitas lulusan. Program ini bertujuan meningkatkan kompetensi lulusan, baik soft skills maupun hard skills, agar lebih siap dan relevan dengan kebutuhan zaman, menyiapkan lulusan sebagai pemimpin masa depan bangsa yang unggul dan berkepribadian. Sehingga, program-program experiential learning dengan jalur yang fleksibel diharapkan akan dapat memfasilitasi mahasiswa mengembangkan potensinya sesuai dengan ketertarikannya dan bakatnya”, ungkap Pak John.

Menjalani tahun keempat penyelenggaraan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), saat ini perlu upaya untuk menjadikan Kampus Merdeka diimplementasikan secara menyeluruh oleh Lembaga pendidikan tinggi (normalisasi) untuk meningkatkan relevansi lulusan dengan kebutuhan dunia usaha dan dunia industri. Untuk itulah kemudian muncul konsep Kampus Merdeka Mandiri. Penguatan kepada perguruan tinggi terkait dengan konsep Kampus Merdeka Mandiri perlu dilakukan, sehingga perguruan tinggi tidak bergantung pada kegiatan flagship MBKM yang diselenggarakan oleh Kementerian saja, tetapi juga dapat melaksanakan kegiatan MBKM secara mandiri.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari, 12-13 september 2023, dengan penyampaian materi sebagai berikut :

  1. Relaksasi Kurikulum untuk mendukung MBKM Mandiri (narasumber: Bagus Jati Santoso dan Mobinta Kusuma)
  2. Internalisasi Transformasi Pendidikan Tinggi melalui Kebijakan MBKM dan Keberlanjutannya (narasumber: Dessy Aliandrina)
  3. Pelaporan MBKM Mandiri (narasumber: Tio)
  4. Implementasi MBKM Mandiri (narasumer: Donni Hadi Waluyo)
  5. Sharing Praktik Baik Implementasi dan Dampak MBKM Mandiri dari PT dan Mitra (narasumber: Rudi Hartono, Abdul Rasyid, Tagor Manurung)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *