• Jum. Jul 19th, 2024

Penyusunan RPS Berbasis OBE Pada Program Studi Manajemen

Jan 24, 2023

stie-portnumbay.ac.id – Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Port Numbay Jayapura melaksanakan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) berbasis Outcome Based Education (OBE) di ruang Magister lantai 2, Rabu (25/1/2023).

Selain dihadiri oleh seluruh Dosen di lingkungan Manajemen, turut hadir Ketua program studi Manajemen Dr. Dani Melmambessy, SE., M.Si dan Sekretaris prodi Fitriani, SE., MM sebagai narasumber. Melalui narasumber diperoleh penjelasan mengenai pentingnya RPS berbasis OBE dan MBKM termasuk keterkaitannya dengan Akreditasi. Kegiatan ini difokuskan pada penyusunan Rencana Pembelajaran Semester karena manjadi titik awal dalam merencanakan proses pembelajaran. Pada kesempatan ini Program Studi Manajemen mendiskusikan tentang profil, capaian pembelajaran program studi Manajemen serta implementasinya  pada RPS dan dalam proses belajar mengajar sehingga proses pembelajaran dapat mengikuti perkembangan teknologi yang sangat cepat. Dalam RPS telah dicantumkan penjelasan tentang Integrasi keilmuan, Integrasi penelitian dan pengabdian masyarakat dalam pembelajaran.

 

Outcome Based Education (OBE) adalah pendidikan yang berpusat pada outcome bukan hanya materi yang harus diselesaikan. OBE mengukur hasil pembelajaran (Outcome) dan memungkinkan mahasiswa untuk mengembangkan keterampilan baru yang mempersiapkan mereka pada level global. OBE adalah pendekatan yang menekankan pada keberlanjutan proses pembelajaran secara inovatif, interaktif, dan efektif.

Sementara itu, Kampus Merdeka merupakan bagian dari kebijakan Merdeka Belajar oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia yang memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengasah kemampuan sesuai bakat dan minat dengan terjun langsung ke dunia kerja sebagai persiapan karier masa depan. OBE dan MBKM akan berpengaruh pada keseluruhan proses pendidikan dari rancangan kurikulum, perumusan tujuan dan capaian pembelajaran, strategi pendidikan, rancangan metode pembelajaran, prosedur penilaian, dan lingkungan pendidikan.

Kegiatan ini ditutup dengan presentasi beberapa perubahan yang dihasilkan diantaranya capaian pembelajaran program studi serta rubrik penilaian. Selanjutnya diteruskan dengan pembuatan dokumen RPS. Semoga kegiatan ini dapat memberikan manfaat dalam peningkatan kualitas proses pembelajaran di STIE Port Numbay Jayapura, khususnya Program Studi Manajemen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *