• Kam. Okt 17th, 2024

Tim Akreditasi Institusi, Prodi dan DUPAK Gelar Rapat Koordinasi

Mei 11, 2023

stie-portnumbay.ac.id – Dalam rangka meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan di lingkungan STIE Port Numbay Jayapura, seluruh civitas akademika mengadakan rapat internal yang bertempat di ruang kuliah Magister, Kamis (11/5/2023).

Rapat dipimpin langsung oleh Ketua Yayasan Cinta Tanah Air, Dr. Drs. Najaruddin Toatubun, MM, dalam sambutannya menyampaikan “Tim Akreditasi Institusi maupun Tim Akreditasi program studi perlu menyusun strategi dan langkah-langkah agar borang akreditasi dapat segera dikirim.

Meraih Akreditasi Institusi tentu bukan hal yang mudah, diperlukan kerja keras bersama dari semua pihak untuk melakukan berbagai upaya ekstra”. Dalam rapat, di bahas tentang berbagai persiapan serta strategi yang harus dilakukan pada pelaksanaan akreditasi institusi, akreditasi prodi, dan penyelesaian DUPAK.

   

Setiap lembaga pendidikan senantiasa berupaya untuk meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan serta lulusannya agar selalu diminati oleh masyarakat, salah satu cara mengukur tingkat kualitas dan mutu suatu lembaga pendidikan adalah melalui akreditasi. Akreditasi Perguruan Tinggi adalah proses evaluasi dan penilaian secara komprehensif atas komitmen Perguruan Tinggi terhadap mutu dan kapasitas penyelenggaraan program Tridharma Perguruan Tinggi, untuk menentukan kelayakan program dan satuan pendidikan.

Akreditasi tidak hanya diperlukan bagi lembaga pendidikan pada tingkatan Perguruan Tinggi, namun juga diperlukan pada tingkatan Program Studi. Hal ini dikarenakan Akreditasi menentukan kelayakan Program Studi berdasarkan kriteria yang mengacu pada Standar Nasional Pendidikan Tinggi dan tentunya menjamin mutu Program Studi baik pada bidang akademik maupun non akademik.

Selain itu, adanya 3 aspek yang menjadi fokus utama dalam melakukan reakreditasi meliputi: evaluasi diri, evaluasi program studi, serta pedoman penilaian. Pada pedoman penilaian dilakukan penilaian kinerja oleh semua Dosen mengenai kegiatan Perguruan Tinggi yang telah dilakukan selama ini.

Komitmen Ketua Yayasan Cinta Tanah Air dan Civitas Akademika STIE Port Numbay Jayapura benar-benar bersemangat sejak pertengahan 2022. Menggenjot Akreditasi Institusi maupun Program Studi, STIE Port Numbay Jayapura terus berupaya memaksimalkan peran sebagai lembaga di Perguruan Tinggi.

Proses penyusunan Akreditasi Institusi direncanakan akan berlangsung hingga waktu yang telah ditentukan sebelumnya. Diharapkan semua dapat bekerjasama dalam mensukseskan Akreditasi dan DUPAK, “Semua Tim tetap semangat dan selalu mendukung serta mengawal proses Akreditasi di lingkungan STIE Port Numbay Jayapura” tutup Pak Najar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *