• Kam. Okt 17th, 2024

Penyusunan Daftar Usulan Penetapan Angka Kredit (Dupak) Dosen STIE Port Numbay Jayapura

Mar 27, 2023

stie-portnumbay.ac.id – Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Port Numbay Jayapura menyelenggarakan rapat Penyusunan Daftar Usulan Penetapan Angka Kredit (Dupak) kepada seluruh Dosen STIE Port Numbay, pada Sabtu (25/3/2023).

Sebagian peserta rapat secara offline yang dilakukan di ruang pascasarjana dan sebagian dilakukan secara online melalui platform Zoom. Ketua STIE Port Numbay, Dr. John Agustinus, SE., MM menyampaikan bahwa rapat ini diperuntukkan bagi dosen di lingkungan STIE Port Numbay sebagai bagian dari pelaksanaan program pembinaan dan kebijakan pengembangan karir dan jabatan akademik dosen. “Melalui penyusunan peningkatan kompetensi dosen, diharapkan semua dosen di lingkungan STIE Port Numbay memiliki jenjang jabatan akademik dan semakin banyak dosen yang bersertifikasi sebagai dosen profesional” ujar Pak John.

   

Tampil sebagai pemateri, Operator STIE Port Numbay Eko Budiarto, SE., MM, dalam penyampaiannya menjelaskan tentang beberapa hal yang diperlukan dalam pengurusan jenjang jabatan akademik, baik tentang Tri darma perguruan tinggi dan unsur penunjang, serta penjelasan penggunaan google drive dalam penyimpanan Dupak “STIE Port Numbay menyediakan ekstra penyimpanan sampai 100 GB dalam memfasilitasi data-data Dupak yang akan dikonversi” jelas Pak Eko.

Angka kredit merupakan satuan nilai dari tiap butir kegiatan dan akumulasi nilai butir-butir kegiatan yang diberikan atau ditetapkan berdasarkan penilaian atas prestasi yang telah dicapai oleh seorang dosen yang dipergunakan sebagai salah satu syarat dalam rangka pembinaan karier dalam jabatan fungsional.

   

Daftar Pengusul Penetapan Angka Kredit (DUPAK) adalah formulir yang berisi keterangan perorangan dosen dan butir kegiatan yang dinilai dan harus diisi oleh dosen pengusul jabatan fungsional dalam rangka penetapan angka kredit. Dupak adalah formulir usulan yang memuat data perorangan pejabat fungsional yang berisi rincian butir kegiatan dengan mencantumkan nilai/angka kredit yang diperoleh dalam kurun waktu tertentu sebagai bahan penilaian dalam penetapan angka kredit.

Jabatan Fungsional Keterampilan adalah jabatan fungsional teknisi atau penunjang profesional yang pelaksanaan tugas dan fungsinya dengan menggunakan prosedur dan teknik kerja tertentu serta dilandasi penguasaaan pengetahuan teknis di satu bidang ilmu pengetahuan atau lebih berdasarkan sertifikasi yang ditentukan.

   

Dosen merupakan pilar dalam suatu institusi, untuk itu peningkatan kompetensi dosen adalah mutlak dilakukan. STIE Port Numbay Jayapura dinilai berhasil meningkatkan kompetensi dosennya dan dapat dibuktikan dengan hampir seluruh dosen tetapnya telah memiliki Jenjang Jabatan Akademik. Diharapkan agar seluruh dosen dapat mencapai tujuan, meningkatkan kompetensi akademik, seperti terjadi peningkatan dalam kuantitas dan kualitas hasil penelitian, terjadi peningkatan dalam jenjang atau pangkat jabatan akademik serta semakin banyak dosen yang lulus dalam sertifikasi dosen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *