• Sel. Feb 20th, 2024

Penyusunan Kurikulum Sarjana Terapan Keuangan dan Perbankan Bersama Stakeholder (BNI 46 Jayapura)

Mar 17, 2023

stie-portnumbay.ac.id – Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Port Numbay Jayapura menyelenggarakan rapat penyusunan kurikulum Program Sarjana Terapan (D4) Keuangan dan Perbankan bersama Stakeholder Bank Negara Indonesia 46 Jayapura. Kegiatan berlangsung di ruang pascasarjana, pada kamis (16/3/2023).

Kegiatan ini bertujuan agar penyusunan kurikulum yang ada di program studi Keuangan dan Perbankan disusun berdasarkan analisis kebutuhan dan pemangku kepentingan (stakeholder). Sehingga dengan adanya analisis kebutuhan yang dipadukan dengan perkembangan keilmuan dan keahlian, serta visi dan misi program studi, maka akan dihasilkan profil lulusan yang selaras dengan kebutuhan pemangku kepentingan (stakeholders).

   

Penyusunan kurikulum Sarjana Terapan dengan narasumber Fachri Baasalem, SE., MM selaku ketua Program Studi Keuangan dan Perbankan yang dilanjutkan dengan diskusi Dosen dalam capaian pembelajaran yang telah dilakukan selama ini. Selanjutnya, pihak pemangku kepentingan (stakeholders) memberikan tanggapan terkait kebutuhan kompetensi dan soft skill lulusan yang diharapkan.

“Kedepannya kami menerima mahasiswa STIE Port Numbay untuk magang di BNI Jayapura, pihak kami juga akan membuka kantor KAS di STIE Port Numbay untuk menerima pembayaran secara manual dan yang akan mengelola kantor KAS tersebut adalah mahasiswa dari STIE Port Numbay, ini merupakan kesempatan agar mahasiswa bisa langsung praktik dan mempelajari dunia perbankan” jelas Ibu Dewi A. Padalla.

     

Kegiatan ini memberikan gambaran bagi program studi Keuangan dan Perbankan dalam rangka menyusun, merumuskan dan mengembangkan kurikulum program studi sehingga capaian pembelajaran lulusan dapat adaptif dengan era revolusi industri 4.0 sekarang ini. Selain itu kegiatan ini juga memberikan motivasi bagi Mahasiswa, dan diharapkan STIE Port Numbay melahirkan generasi penerus dalam bidang keuangan dan perbankan yang memiliki daya saing dan sesuai kebutuhan masyarakat.

“Penyusunan kurikulum program Sarjana Terapan Keuangan dan Perbankan diharapkan mampu memenuhi kebutuhan pembelajaran yang terus berkembang, meningkatkan kualitas lulusan sehingga kegiatan bersama stakeholder ini menjadi suatu langkah penting yang selalu diagendakan dalam setiap evaluasi kurikulum”, jelas Fachri Baasalem, SE., MM dalam penutupannya yang berharap agar lulusan STIE Port Numbay dapat bersaing dan memberikan kontribusi positif bagi pembangunan bangsa dan negara melalui profesi yang dijalankan sehingga dapat memberikan kemanfaatan bagi masyarakat.

   

Berikut adalah Visi, Misi dan Tujuan Program studi Keuangan dan Perbankan STIE Port Numbay Jayapura.

Visi program studi Keuangan dan Perbankan adalah menjadi program sarjana terapan terbaik yang menghasilkan lulusan di bidang keuangan dan perbankan yang profesional, berjiwa wirausaha, dan mampu bersaing di tingkat nasional.

Misi program studi Keuangan dan Perbankan:

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran profesional dalam bidang keuangan dan perbankan untuk menghasilkan lulusan Sarjana Terapan yang berkepribadian, berwawasan, berjiwa wirausaha dan siap kerja.
  2. Melaksanakan kegiatan penelitian di bidang keuangan dan perbankan yang bermanfaat bagi dunia bisnis dan perbankan
  3. Melaksanakan kegiatan pengabdian kepada msayarakat dalam bidang keuangan dan perbankan melalui kemitraan dengan dunia bisnis dan perbankan
  4. Mengembangkan program studi keuangan dan perbankan yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi untuk mendukung tata kelola Sekolah Tinggi yang baik.

Tujuan Program studi keuangan dan perbankan:

  1. Menghasilkan lulusan Sarjana Terapan di bidang Keuangan dan Perbankan yang kompeten, terampil, handal, berkepribadian, berwawasan, siap kerja dan siap bersaing di tingkat lokal maupun nasional.
  2. Menghasilkan lulusan yang berjiwa wirausaha yang berpikir kreatif, inovatif sehingga mampu membuka peluang usaha
  3. Meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitian yang dapat memberikan kontribusi pada dunia bisnis dan perbankan, serta meningkatkan publikasi ilmiah nasional maupun internasional.
  4. Meningkatkan karya pengabdian masyarakat melalui kerja sama kemitraan dengan dunia usaha, perbankan, pemerintah maupun masyarakat.
  5. Mengimplementasikan budaya Sekolah Tinggi yang profesionalisme, integritas, kualitas, teknologi informasi, dan unggul.

Kurikulum Sarjana Terapan STIE Port Numbay Jayapura sebagai berikut, Kurikulum D4 (1) PETA KURIKULUM SARJANA TERAPAN 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *