• Jum. Feb 3rd, 2023

STIE Port Numbay Jayapura Fokus Memantapkan Akreditasi Institusi

Jan 17, 2023

stie-portnumbay.ac.id – Ketua STIE Port Numbay Jayapura memimpin rapat dengan agenda percepatan penyusunan Akreditasi Perguruan Perguruan Tinggi yang dilaksanakan di Ruang rapat, Senin (16/1/2023).

Dalam pembukaan rapat Ketua STIE Port Numbay Jayapura, Dr. John Agustinus, SE., MM meminta kepada seluruh civitas akademika yang terlibat dalam proses akreditasi perguruan tinggi untuk berkonsentrasi penuh dan bekerja keras demi suksesnya Akreditasi Institusi. “Akreditasi memberikan harapan bagi STIE Port Numbay Jayapura untuk menjadi Perguruan Tinggi pilihan dan semakin berkembang di masa mendatang. Selain itu akreditasi juga menjadi kebanggaan sekaligus modal dasar bagi mahasiswa untuk bersaing di dunia kerja”. Lebih lanjut, Ketua mengatakan bahwa Akreditasi Institusi adalah tanggung jawab bersama termasuk seluruh unit kerja yang ada di lingkungan STIE Port Numbay Jayapura. Oleh karena itu, semua harus menyiapkan diri sesuai tugas dan fungsi masing-masing.

Rapat kemudian dilanjutkan dengan penyampaian program-program dari Tim Akreditasi. Program yang disampaikan merupakan acuan persiapan kerja yang sebelumnya telah dilakukan oleh tim. Pendidikan dan pengajaran serta pengabdian merupakan tri dharma perguruan tinggi juga dibenahi termasuk mahasiswa, dosen dan tenaga staf yang bekerja di STIE Port Numbay akan ditingkatkan kualitasnya. Semua itu merupakan bagian dari kriteria standar akreditasi yang telah dibahas.

 

Setiap lembaga pendidikan senantiasa berupaya untuk meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan serta lulusannya agar selalu diminati oleh masyarakat, salah satu cara mengukur tingkat kualitas dan mutu suatu lembaga pendidikan adalah melalui akreditasi. Akreditasi Perguruan Tinggi adalah proses evaluasi dan penilaian secara komprehensif atas komitmen Perguruan Tinggi terhadap mutu dan kapasitas penyelenggaraan program Tridharma Perguruan Tinggi, untuk menentukan kelayakan program dan satuan pendidikan. Akreditasi tidak hanya diperlukan bagi lembaga pendidikan pada tingkatan Perguruan Tinggi, namun juga diperlukan pada tingkatan Program Studi. Hal ini dikarenakan Akreditasi menentukan kelayakan Program Studi berdasarkan kriteria yang mengacu pada Standar Nasional Pendidikan Tinggi dan tentunya menjamin mutu Program Studi baik pada bidang akademik maupun non akademik. Selain itu, adanya 3 aspek yang menjadi fokus utama dalam melakukan reakreditasi meliputi: evaluasi diri, evaluasi program studi, serta pedoman penilaian. Pada pedoman penilaian dilakukan penilaian kinerja oleh semua Dosen mengenai kegiatan Perguruan Tinggi yang telah dilakukan selama ini. Proses penyusunan Akreditasi Institusi direncanakan akan berlangsung hingga waktu yang telah ditentukan sebelumnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *