• Sel. Feb 20th, 2024

Pelatihan Kewirausahaan Mahasiswa “Mengubah Mindset Pekerja Menjadi Wirausaha”

Des 8, 2022 ,

stie-portnumbay.ac.id – Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Port Numbay Jayapura melakukan pelatihan kewirausahaan kepada mahasiswa yang dilaksanakan di Ruang 4 pada hari Kamis (8/12/2022). Pelatihan ini diisi oleh pemateri dari beberapa Dosen STIE Port Numbay yakni Ratna Subroto, SE., M.Si, La ode Abd. Wahab, SE., M.Si, Fitriani, SE., MM dan Rahmi, S.KM, MM. Pelatihan kewirausahaan dengan tema “Mengubah Mindset Pekerja Menjadi Wirausaha” diharapkan agar mahasiswa dapat meningkatkan pengetahuan dan menambah ilmu tentang kewirausahaan.

   

Pelatihan Wirausaha merupakan bentuk pembelajaran yang mendorong pengembangan minat wirausaha mahasiswa dengan program kegiatan belajar yang sesuai, memberikan kesempatan menciptakan aktivitas usaha melalui analisis kebutuhan dan peluang pasar. Bentuk pembelajaran wirausaha berupa praktik langsung berwirausaha yang dilakukan secara terencana dan terprogram. Kegiatan wirausaha dapat berwujud produk atau layanan jasa. Program ini diharapkan dapat menjadi cikal bakal lahirnya wirausahawan dari kalangan kampus yang dapat membuka kesempatan kerja secara luas.

Dalam materinya, La ode Abd. Wahab, SE., M.Si mengajak mahasiswa STIE Port Numbay untuk menjadikan dunia kewirausahaan sebagai pilihan dalam menjalani hidup dan memberikan motivasi kepada para mahasiswa, calon pengusaha muda agar mulai berwirausaha. Untuk menjadi orang sukses dalam berbisnis harus memiliki kemauan yang tinggi, sungguh-sungguh, pantang menyerah, terus belajar dari kegagalan. Beliau meyakinkan semua mahasiswanya agar memiliki peluang yang sama untuk menjadi pengusaha sukses. “Yang menyebabkan tidak sukses itu malu, manja, gengsi. Hilangkan semuanya, berani memulai dan mencoba jauh lebih penting daripada tidak sama sekali untuk menjadi pengusaha sukses. Rintislah berbisnis sejak dini agar setelah selesai kuliah sudah mantap berwirausaha dengan memiliki penghasilan sendiri, bukan dari orang tua. Untuk itu, dibutuhkan keberanian dalam mengasah bakat dan minatnya, hingga berani menjalankan usahanya. Walapun gagal, bangkit dari kegagalan,” jelasnya.

   

Seperti yang kita ketahui Mahasiswa STIE Port Numbay memiliki beberapa usaha, salah satunya berupa olahan makanan yang dikelola mahasiswa sebagai kegiatan UKM Kewirausahaan. Dengan adanya pelatihan ini menjadi penting dalam menggali, membina dan meningkatkan keterampilan soft skills maupun hard skills mahasiswa. Dalam pemaparannya, Ratna Subroto, SE., M.Si menjelaskan tentang pentingnya karya, pengakuan dan penghargaan. “Yang membedakan mahasiswa dengan kelompok sosial lain, pemuda, santri, wanita adalah tingkat literasinya dari segi pengetahuan, keterampilan, jaringan, sampai teknologi”.

Tujuan pelaksanaan Kegiatan Wirausaha adalah sebagai berikut:

  1. Memberikan kesempatan bagi mahasiswa yang memiliki minat berwirausaha untuk mengembangkan ide menjadi usaha kreatif dan inovatif
  2. Memfasilitasi mahasiswa mengaplikasikan rencana bisnis yang telah didapatkan saat mengikuti kuliah kewirausahaan menjadi sebuah usaha
  3. Meningkatkan jumlah wirausahawan dari kalangan intelektual kampus

Beberapa manfaat pelatihan kewirausahaan yakni memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk melihat dunia kerja wirausaha, meningkatkan kemampuan bagi perguruan tinggi dalam pengembangan pendidikan kewirausahaan, mempererat hubungan antara dunia akademis dan dunia usaha khususnya UKM, dan menghasilkan wirausaha muda pencipta lapangan kerja dan calon pengusaha sukses masa depan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *