• Sab. Jun 22nd, 2024

Pembukaan Rekening Tabungan dan Sosialisasi Produk Bank Papua di STIE Port Numbay Jayapura

Nov 30, 2023

‎stie-portnumbay.ac.id – Rabu, 29 November 2023, Bank Papua bekerja sama dengan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Port Numbay Jayapura menyelenggarakan sosialisasi dengan mengangkat tema “Pembukaan Rekening Tabungan dan Sosialisasi Produk Bank Papua”. Kegiatan berlangsung pukul 09.00 WIT di ruang 5-6 STIE Port Numbay, yang dihadiri  Pimpinan dan perwakilan dari Bank Papua, Bank Indonesia, OJK, perwakilan pelajar dari SMKN 2 Jayapura, serta seluruh civitas akademika STIE Port Numbay Jayapura.

Tujuan diselenggarakannya sosialisasi ini agar melatih masyarakat khususnya mahasiswa memiliki pengalaman terkait sistem pembayaran digital. Berbagai produk menarik pun banyak ditawarkan selama kegiatan sosialisasi berlangsung.

Ketua STIE Port Numbay Jayapura, Dr. John Agustinus, SE., MM dalam sambutannya menyampaikan, “Terima kasih kepada semua yang telah hadir. Kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk memperkenalkan produk-produk yang dimiliki dan ditawarkan Bank Papua. Kepada semua peserta yang hadir, manfaatkanlah hari ini untuk menggali ilmu sebanyak-banyaknya”, jelas Jhon Agustinus.

Berbagai terobosan inovasi produk dan layanan perbankan terus dilakukan, sekaligus untuk memudahkan interaksi dan layanan nasabah. Pemimpin Divisi pengelolaan dana dan jasa Bank Papua, Ibu Nurhaedah berpesan, “Kepada adik-adik mahasiswa ataupun pelajar yang hadir, belajarlah sebanyak-banyaknya karena ilmu itu tak ternilai harganya”.

Hadir dari Bank Indonesia, Tomi Adi Syahputra sekaligus menyampaikan materi terkait digitalisasi sistem pembayaran menggunakan QRIS untuk mendorong akselerasi ekonomi dan keuntugan digital. Pembayaran digital memberikan manfaat khususnya bagi mahasiswa untuk melakukan transaksi pembayaran dengan menggunakan dompet digital. Lebih lanjut, Tomi menyampaikan manfaat ini baik bagi masyarakat untuk menghindari adanya transaksi uang palsu. “Transaksi yang dilakukan menggunakan QRIS lebih mudah dan efisien,” ungkap Tomi.

Saat ini, Bank Papua sudah memiliki aplikasi Mobile Banking yang terus dikembangkan lebih advance. Bank Papua Mobile Banking merupakan fasilitas layanan perbankan untuk memudahkan nasabah dalam bertransaksi langsung secara online yang telah dilengkapi dengan fitur pembayaran menggunakan QRIS. Aplikasi Bank Papua Mobile Banking dapat diakses dengan smartphone tipe OS Android, sehingga nasabah bisa melakukan berbagai transaksi perbankan secara aman, mudah, dan cepat melalui perangkat smartphone. Di antaranya layanan informasi saldo, transfer (internal dan external), pembelian (voucher pulsa telephone, listrik PLN dan lainnya), pembayaran (tagihan telepon, Listrik PLN dan lainnya).

Terkait layanan QRIS, nasabah dan masyarakat kini dapat menggunakan QRIS Bank Papua sebagai sistem pembayaran yang relatif aman, cepat, nyaman dan efisien melalui aplikasi Mobile Banking Bank Papua. Hal ini juga memudahkan mitra usaha perdagangan dan UMKM, dimana QRIS Bank Papua bisa sebagai alternatif pembayaran non tunai dari pembeli.

QUICK Response Code Indonesian Standard (QRIS) merupakan salah satu produk digital Bank Papua yang kini sedang giat dipromosikan penggunaannya kepada nasabah Bank Papua maupun masyarakat umum di seluruh wilayah Tanah Papua. QRIS memudahkan transaksi keuangan secara digital. QRIS dikembangkan oleh industri sistem pembayaran, agar proses transaksi keuangan dengan QR Code dapat lebih mudah, cepat dan terjaga keamanannya.

Launching penggunaan Quick Response Code Indonesian Standard dilakukan secara resmi oleh Bank Papua di Jayapura pada 29 September 2021. QRIS diperuntukkan bagi golongan ekonomi menengah dan bawah, karena maksimal belanja 10 juta rupiah.

Selanjutnya, materi kedua dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang disampaikan Della Natalia Krey terkait pengenalan OJK. Masyarakat terutama kalangan mahasiswa diharapkan lebih mengetahui fungsi OJK sebagai lembaga yang mengatur dan mengawasi jasa keuangan serta melindungi kepentingan masyarakat. Sosialisasi ini juga bertujuan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat terkait dengan keberadaan OJK mengenai fungsi dan perannya. Sosialisasi yang dilakukan pada kalangan mahasiswa, dipandang lebih efektif.

Dengan sosialisasi ini, diharapkan agar masyarakat ke depan dalam mengelola keuangannya tidak hanya menghitung untungnya tapi juga resiko yang ditanggung, terutama disaat maraknya investasi `bodong` yang telah merugikan banyak masyarakat. “Kini di Indonesia banyak produk `bodong` dengan tawaraan bunga tinggi, dan dengan sosialisasi ini diharapkan masyarakat bisa terhindar dari hal tersebut”, jelas Della Natalia Krey.

Materi selanjutnya yaitu Kredit konsumtif yang dibawakan Fadel selaku Relation manajer Bank Papua. “Fasilitas pinjaman diberikan kepada pegawai yang masih aktif bekerja dengan pertimbangan bank layak diberikan pinjaman dan telah memenuhi pesyaratan bank untuk tujuan konsumtif”, ungkap Fadel.

Martha Rumbewas selaku Manajer Divisi bank papua juga menyampaikan “Bank Papua saat ini menjadi bank regional yang kuat, terpercaya, berdaya saing dan mendukung pembangunan ekonomi di Tanah Papua. Bank Papua juga memberikan pelayanan terbaik kepada stakeholder, mengelola bisnis melalui praktek perbankan yang sehat, menjalankan bisnis secara profesional, mendorong pertumbuhan ekonomi dan pembangunan di Tanah Papua”, jelas Martha Rumbewas.

Kegiatan dilakukan penuh antusias dan kegembiraan. Terlihat dari game online yang dilakukan secara bersama-sama melalui aplikasi Bank Papua. Hadiah diberikan kepada para pemenang dari peserta yang mengikuti game online.

Seluruh rangkaian kegaitan Sosialisasi ditutup dengan foto bersama serta dilakukan Pembukaan rekening tabungan Bank Papua kepada peserta yang belum memiliki tabungan di Bank Papua. Pembukaan rekening dilakukan di halaman kampus STIE Port Numbay Jayapura. Peserta kemudian diarahkan untuk mendownload aplikasi mobile banking Bank Papua. Keuntungan bagi nasabah baru yaitu mendapat sembako murah. Bank Papua menyediakan sembako seperti minyak goreng dan gula pasir. Belanja dengan Rp. 2.000 melalui Qris dapat sembako senilai Rp. 50.000 dengan transaksi memakai mobile banking Bank Papua QRIS (non tunai).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *