• Sel. Feb 20th, 2024

Pendampingan KIP Kuliah Merdeka Tahun 2022 di Lingkungan LLDIKTI Wilayah XIV Papua dan Papua Barat

Agu 10, 2022 ,

stie-portnumbay.ac.id – Tim Operator STIE Port Numbay Jayapura beserta Operator Perguruan Tinggi lainnya mengikuti kegiatan Pendampingan Pengelolaan KIP Kuliah Merdeka Tahun 2022 di Lingkungan LLDIKTI Wilayah XIV Papua-Papua Barat. Kegiatan ini diadakan secara luring di Gedung Universitas Yapis Papua Lt.7 pada Kamis (4/8/2022).

Kegiatan yang dibuka oleh LLDIKTI Wilayah XIV secara virtual dihadiri 57 perwakilan Perguruan Tinggi. Beliau menyampaikan bahwa LLDIKTI XIV sekarang telah membawahi 5 provinsi, yaitu Provinsi Papua, Provinsi Papua Barat, Provinsi Papua Tengah, Provinsi Papua Selatan, dan Provinsi Papua Pegunungan. “Perguruan Tinggi yang hadir sangat beruntung karena tidak semua Perguruan Tinggi dapat KIP Kuliah Merdeka dan berharap penerima KIP harus tepat sasaran dan tulus tepat waktu serta mendapatkan dukungan penuh dari Pemerintah, mudah-mudahan kegiatan ini dapat di implementasikan di Perguruan Tinggi masing-masing”, ungkap Dr. Surel S. Mofu, S.Pd., M.Ed.TEFL.M.Phil

Program Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP Kuliah) diluncurkan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) untuk membantu mahasiswa berprestasi melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi. Agar penerima manfaat KIP Kuliah ini tepat sasaran, calon mahasiswa yang mendaftar menggunakan KIP Kuliah akan melalui proses verifikasi dan validasi. Hal ini juga bertujuan untuk meningkatkan ketepatan sasaran penerima KIP Kuliah Merdeka tahun 2022. Sehingga pengelola maupun operator KIP Kuliah di masing-masing perguruan tinggi harus selektif dalam menetapkan calon penerima KIP Kuliah. Sub Koordinator KIP Kuliah Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik) Kemendikbud Ristek Dr. Muni Ika, M.Pd mengatakan, “Perguruan tinggi juga harus secara berkala melakukan pembinaan kepada mahasiswa penerima KIP Kuliah agar tidak ada penerima yang putus kuliah di tengah jalan karena tidak memenuhi standar Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) yang ditetapkan masing-masing perguruan tinggi atau karena sebab lain”.

Kebijakan Bank Himbara (Himpunan Bank Milik Negara) juga berkesempatan memberikan materi dalam program KIP Kuliah tahun 2022 yang disampaikan oleh perwakilan dari Bank BRI, Bank BNI, dan Bank Mandiri.

Materi bisa dilihat melalui https://lldikti6.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2022/08/PUSLAPDIK-20220725-Bahan-Pendampingan-KIPK-LLDIKTI-PTS.pdf

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *