• Jum. Okt 18th, 2024

Seminar Ekonomi Syariah “Teori dan Implementasi Lapangan Ekonomi Syariah”

Jun 8, 2023

stie-portnumbay.ac.id – Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Port Numbay Jayapura dan beberapa perguruan Tinggi lainnya mengikuti Seminar Ekonomi Syariah Dalam rangka Dies Natalis Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Cenderawasih ke-30 dengan tema “Teori dan Implementasi Lapangan Ekonomi Syariah” di Aula Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNCEN Gedung Dekanat Kampus Uncen Waena, Kamis (8/6/2023).

Kegiatan seminar ini dihadiri oleh dosen dan mahasiswa perwakilan dari semua perguruan tinggi yang ada di Jayapura maupun dari luar Jayapura. Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Cenderawasih Dr. Mesak Iek, SE., M.Si dalam sambutannya mengatakan kepada peserta seminar untuk bersungguh-sungguh mengikuti kegiatan seminar ekonomi syariah, sehingga dapat menambah pengetahuan mahasiswa. “Pada seminar kali ini mahasiswa dan Dosen yang ikut serta dalam seminar syariah Ekonomi Islam akan diberi penjelasan tentang sistem ekonomi syariah dan juga akan dijelaskan sistem operasional bank dalam konsep syariah. Saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah hadir, serta ikut membantu berjalannya kegiatan seminar ini”, Ujar Bapak Mesak.

   

Diharapkan melalui seminar Ekonomi Syariah dapat memberikan wawasan mengenai pembangunan ekonomi melalui perbankan syariah, memberikan edukasi pemahaman terhadap mahasiswa dan dapat menumbuhkan jiwa enterpreneurship untuk mahasiswa. Antusiasme mahasiswa cukup besar, ini bisa dilihat dari jumlah peserta seminar yang cukup banyak.

Menurut Ibu Ratna Mufidah, SE., M.Si selaku Dosen STIE Port Numbay yang ikut hadir mendampingi mahasiswa menyampaikan bahwa eksistensi ekonomi konvensional porsinya lebih besar di masyarakat. Hal ini tentu disayangkan mengingat ekonomi konvensional lebih dekat dengan transaksi bunga yang dilarang dalam Islam. “Oleh karena itu, kita bisa memilih perbankan syariah sebagai salah satu alternatif perbankan. Dengan adanya kegiatan seminar Ekonomi Syariah ini kami bisa mengembangkan kegiatan sesuai jurusan, menambah wawasan khususnya mahasiswa dan mahasiswi ekonomi syariah, mengingat perkembangan perbankan syariah, prospek perbankan syariah, serta peran perkembangan syariah dalam membangun Ekonomi Syariah”, jelas Ibu Ratna.

Ekonomi Syariah merupakan ilmu pengetahuan sosial yang mempelajari masalah-masalah ekonomi rakyat yang diilhami oleh nilai-nilai Islam. Ekonomi syariah atau sistem ekonomi koperasi berbeda dari kapitalisme maupun sosialisme. Bank Syariah dengan berbagai variasi produknya ikut membantu masyarakat dalam memenuhi layanan jasa keuangan perbankan dengan prinsip syariah sehingga dapat meningkatkan ekonomi masyarakat dan menambah potensi penerimaan pajak sebagai salah satu sumber pendapatan pemerintah. “Saya yakin perbankan syariah juga turut berperan dalam menyediakan jasa perbankan sehingga memudahkan masyarakat untuk melakukan pembayaran dan lain sebagainya”, tutup Ibu Ratna.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *