• Sen. Sep 16th, 2024

Peninjauan Kurikulum Program Studi S1 Manajemen STIE Port Numbay Jayapura

Agu 25, 2024 ,

stie-portnumbay.ac.id – Pada hari Kamis, 22 Agustus 2024, Program studi Manajemen mengadakan rapat Dosen bertempat di ruang kuliah 2 pascasarjana. Agenda rapat tersebut antara lain peninjauan kurikulum, sosialisasi jadwal perkuliahan dan dosen pengampu mata kuliah semester ganjil tahun akademik 2024-2025, sosialisasi kebijakan program studi dan mengevaluasi perkuliahan semester genap tahun akademik 2023-2024.

Dalam sambutannya, Ketua Program studi Manajemen Dr. Dani Melmambessy, SE., M.Si mengatakan bahwa Kurikulum S1 Manajemen sudah berbasis MBKM sejak tahun 2021, “Program studi s1 Manajemen ditahun selanjutnya tetap menggunakan kurikulum besrbasis MBKM yang disesuaikan dengan visi, misi dan tujuan program studi”, jelas Dani.

Pembahasan dimulai dari bedah dokumen kurikulum, kurikulum sesuai definisi adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Sehingga kurikulum bukan hanya sebaran mata kuliah saja yang dipunyai oleh Program studi.

Selain evaluasi kurikulum, program studi Manajemen juga melakukan beberapa perubahan pada mata kuliah. Perubahan tersebut dilakukan untuk penyempurnaan dan penyesuaian terhadapt kebutuhan program studi. Perubahan ini tidak terlalu signifikan sehingga tidak mengganggu struktur kurikulum yang ada. Program studi Manajemen juga melakukan pembelajaran berbasis teknologi untuk menunjang kualitas kurikulum.

Bedah Dokumen Kurikulum dimulai dari Visi Program studi. Visi program studi harus menyatakan bidang keilmuan, agar bidang keilmuan dapat tercapai dilihat dari beberapa faktor yaitu:

  1. Kesesuaian profil dosennya, apakah profil dosen menunjang bidang keilmuan dari program studi Manajemen. Profil dosen yaitu bidang keilmuan program studi, sertifikasi yang dimiliki dosen, penelitian dan PKM dosen
  2. Fasilitas pendukung pembelajaran, apakah terdapat fasilitas untuk menunjang bidang keilmuan program studi
  3. Profil lulusan, apakah profil lulusan telah sesuai dengan bidang keilmuan program studi

Tri Dharma Perguruan Tinggi yang meliputi pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat diupayakan terus berjalan maksimal. Beliau menghimbau bahwa tugas dan kewajiban dosen perlu dioptimalkan. Selain mengajar, dosen memiliki tugas meneliti dan juga melakukan pengabdian kepada masyarakat. Dalam bidang penelitian, STIE Port Numbay Jayapura terus mendorong agar para dosen dapat menyelesaikan tugas secara terukur dan terencana dengan sebaik-baiknya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *