• Sab. Sep 7th, 2024

STIE Port Numbay Mengikuti Workshop Pelacakan Jejak Alumni Melalui Tracer Study

Feb 29, 2024

stie-portnumbay.ac.id – Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Port Numbay Jayapura mengikuti kegiatan workshop sistem pelacakan jejak alumni (Tracer study) yang diselenggarakan LLDikti Wilayah XIV. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari secara luring dan daring pada tanggal 26-27 Februari 2024, diikuti oleh perwakilan Perguruan Tinggi Swasta dilingkungan LLDikti Wilayah XIV Papua-Papua Barat.

Sambutan disampaikan Kepala LLDikti XIV, Surriel Samuel Mofu yang diwakili oleh Patta Halang sekaligus membuka kegiatan tersebut. Selanjutnya pemaparan materi tentang Asistensi Pelaporan data Tracer study bagi Perguruan Tinggi Swasta oleh Andri Irawan. Tracer study merupakan metode yang digunakan lembaga perguruan tinggi untuk memperoleh feedback dari lulusan.

“Pentingnya Tracer study sebagai sumber data yang penting untuk pengembangan pendidikan tinggi terkait dengan relevansi pendidikan, lulusan adalah evalator kunci. Melalui instrumen-instrumen pertanyaan dalam kuisioner tracer study, dapat melihat dan menjadi rekaman perjalanan lulusan, sebagai umpan balik lulusan minim atau bahkan tidak ada, merencanakan pengembangan kurikulum, serta merencanakan kegiatan atau pelatihan untuk persiapan mahasiswa memasuki dunia kerja”, jelas Andri.

Lebih lanjut, pemateri menyampaikan bahwa pada system pelacakan jejak alumni akan lebih memudahkan perguruan tinggi maupun mahasiswa untuk mengisi instrument pelacakan alumni. Pada aplikasi tersebut tersedia layanan atau menu agar mahasiswa dapat langsung mengisi secara online sehingga mereka tidak perlu lagi mengisi secara manual.

Setelah mahasiswa mengisi instrument secara online maka operator Tracer study menerima data tersebut dan secara otomatis tersimpan pada system tracer study kemdikbud. Langkah ini dianggap dapat memberikan kemudahan bagi mereka yang berdomisili jauh dari kampus, dengan mengandalkan smartphone dan koneksi internet mereka sudah bisa mengisi instrument pelacakan alumni.

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Port Numbay sebagai tempat pengembangan ilmu pengetahuan, serta membentuk dan membina SDM berkualitas yang dilengkapi bekal ilmu pengetahuan dan kepakaran, dimana STIE Port Numbay sebagai pelaksana Tridarma Perguruan Tinggi yang memliki kewajiban perguruan tinggi dalam menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran tinggi, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. LLDikti Wilayah XIV berharap dengan adanya pelacakan jejak alumni akan lebih memudahkan pelacakan alumni dan meningkatkan kualitas lulusan perguruan tinggi di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *