• Sab. Sep 7th, 2024

STIE Port Numbay Mengikuti Workshop Akselerasi Implementasi Kampus Merdeka Mandiri di Lingkungan LLDIKTI Wilayah XIV

Feb 26, 2024

stie-portnumbay.ac.id – Mendukung implementasi kampus merdeka mandiri, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Port Numbay Jayapura mengikuti Workshop Akselerasi Implementasi Kampus Merdeka Mandiri di Lingkungan LLDikti Wilayah XIV yang berlangsung di Hotel Grand Abe, Senin (26/2/2024). Kegiatan ini diselenggaran LLDikti XIV dan dihadiri oleh perwakilan perguruan tinggi swasta di lingkungan LLDikti Wilayah XIV Papua dan Papus Barat.

Menjalani tahun kelima penyelenggaraan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), saat ini perlu upaya untuk menjadikan Kampus Merdeka diimplementasikan secara menyeluruh oleh lembaga pendidikan tinggi (normalisasi) untuk meningkatkan relevansi lulusan dengan kebutuhan dunia usaha dan dunia industri. Untuk itulah kemudian muncul konsep Kampus Merdeka Mandiri. Penguatan kepada perguruan tinggi terkait dengan konsep Kampus Merdeka Mandiri perlu dilakukan, sehingga perguruan tinggi tidak bergantung pada kegiatan flagship MBKM yang diselenggarakan oleh Kementerian saja, tetapi juga dapat melaksanakan kegiatan MBKM secara mandiri.

MBKM diselenggarakan dengan tujuan untuk mendorong implementasi MBKM Mandiri di perguruan tinggi, serta memberikan pendampingan teknis untuk membantu menyiapkan perguruan tinggi dalam mengimplementasikan MBKM Mandiri, sehingga membantu terciptanya peluang ketersediaan program MBKM Mandiri bagi mahasiswa.

“Guna mendukung akselerasi implementasi MBKM Mandiri di perguruan tinggi, maka kami mengadakan workshop, tujuannya agar pelaksanaannya lebih kontekstual berdasarkan potensi dan tantangan di setiap perguruan tinggi, sehingga pelaksanaan program merdeka belajar kampus merdeka mandiri di lingkup kerja LLDikti wilayah XIV mampu membangun ciri dan keunikan yang beragam, tergantung kondisi dan perkembangan di daerah masing-masing”, ungkap Sudarpo selaku Analis Kepegawaian Madya LLDikti wilayah XIV.

Saat ini implementasi MBKM di lingkungan Perguruan Tinggi Wilayah XIV sudah mengalami peningkatan baik, pelaksanaan MBKM secara mandiri ataupun melalui flagship Kementerian. Melalui peningkatan penyelenggaraan MBKM di perguruan tinggi, diharapkan dapat mewujudkan kurikulum yang mampu meningkatkan kompetensi tambahan bagi lulusan yang tidak hanya didapatkan selama perkuliahan, tetapi juga kompetensi yang didapatkan melalui pembelajaran secara langsung di masyarakat serta dunia usaha dan dunia industri.

Melalui penyelenggaraan kegiatan ini, diharapkan mampu meningkatkan pengetahuan perguruan tinggi dalam mendesain kurikulum MBKM, melaksanakan MBKM mandiri secara keseluruhan serta mengembangkan kolaborasi antar perguruan tinggi dan mitra MBKM.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *