• Sen. Sep 16th, 2024

Pertemuan Panitia Dengan Mahasiswa Magang STIE Port Numbay Jayapura

Jul 10, 2023

stie-portnumbay.ac.id – Tim Panitia Magang STIE Port Numbay Jayapura mengadakan pertemuan bersama mahasiswa untuk membahas persiapan magang. Kegiatan tersebut dihadiri Panitia magang dan seluruh peserta Mahasiswa magang Tahun Akademik 2023/2024, yang berlangsung di ruang 5/6, Selasa (11/7/2023).

Rapat dipimpin langsung oleh Ketua Panitia Magang Ibu Rahmi, S.KM., MM. Agenda pertemuan ini berlangsung sekitar 120 menit membahas tentang: (1) Persiapan magang mahasiswa, (2) Tata cara pengisian formulir magang, (3) Membahas aturan magang yang dilakukan mahasiswa, (4) Mengetahui kriteria penunjukan dosen pembimbing magang, (5) Penentuan perusahaan yang dijadikan lokasi magang. Tujuan dari pelaksanaan magang untuk meningkatkan softskill, persiapan mahasiswa menghadapi dunia kerja, dan menjadi nilai tambah bagi mahasiswa.

“Pelaksanaan magang harus dilakukan sebaik mungkin agar kegiatan magang dapat berjalan lancar. Magang mahasiswa juga akan memperoleh pengalaman bekerja sebelum benar-benar terjun di dunia kerja. Pengalaman tersebut nantinya akan sangat berguna setelah lulus kuliah agar tidak kaget saat sudah menjadi pegawai”, jelas Ibu Rahmi, S.KM., MM.

Pelaksanaan magang di STIE Port Numbay Jayapura dipantau langsung oleh Dosen pembimbing dari setiap kelompok mahasiswa yang melakukan magang pada lokasi atau tempat magang tersebut. “Pemilihan lokasi magang sesuai dengan jurusan mahasiswa, diusahakan mahasiswa dapat memilih lokasi magang yang dekat dengan rumah mahasiswa, dimana lokasi tersebut harus disetujui oleh panitia pelaksana magang. Mahasiswa diwajibkan membuat surat permohonan atau surat pengantar sebelum melakukan magang yang disetujui dan ditandatangani oleh pimpinan STIE Port Numbay Jayapura”, pesan Ibu Norberta Detilebit, SE., MM selaku Sekretaris magang.

Hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum Pelaksanaan Magang sebagai berikut :

  1. Pendaftaran magang Mahasiswa STIE Port Numbay semester ganjil TA. 2023/2024 dilaksanakan pada tanggal 5 – 28 Juli 2023
  2. Pembekalan magang dijadwalkan pada tanggal 29 Juli 2023
  3. Pelaksanaan magang dilakukan pada tanggal 21 Juli – 8 September 2023
  4. Bagi mahasiswa yang akan mengontrak atau mengambil mata kuliah magang diwajibkan menyelesaikan administrasi akademik

   

Magang merupakan mata kuliah yang akan memberikan pengalaman kerja nyata bagi mahasiswa sebelum memasuki dunia kerja. Meskipun hanya sebagian dari program pendidikan formal, magang memiliki banyak manfaat yang dapat membantu seseorang dalam mempersiapkan diri untuk memasuki dunia kerja.

Pertama-tama, magang dapat membantu seseorang memperoleh pengalaman kerja yang nyata. Dalam dunia kerja, pengalaman adalah segalanya. Magang memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengalami situasi kerja yang sebenarnya dan mengembangkan keterampilan yang dibutuhkan untuk memenuhi tuntutan pekerjaan. Selain itu, magang juga membantu seseorang memahami lingkungan kerja dan beradaptasi dengan lingkungan baru.

Kedua, magang juga memberikan kesempatan bagi seseorang untuk membangun jejaring atau jaringan profesional. Dalam dunia kerja, jaringan profesional sangatlah penting. Melalui magang, seseorang dapat bertemu dengan banyak orang yang bekerja di industri atau bidang yang sama dan memperluas jaringan mereka. Jaringan profesional ini dapat membuka pintu untuk peluang kerja di masa depan dan membantu seseorang memperoleh informasi tentang tren industri dan pasar kerja.

Ketiga, magang juga membantu seseorang memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang jenis pekerjaan yang mereka minati. Sebelum memasuki dunia kerja, seseorang mungkin masih bingung tentang jenis pekerjaan yang mereka ingin lakukan. Melalui magang, seseorang dapat memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang jenis pekerjaan yang mereka minati dan apakah itu cocok untuk mereka. Hal ini akan membantu seseorang mempersiapkan diri untuk memasuki dunia kerja dengan lebih baik dan dapat membuat keputusan yang lebih baik tentang karir mereka di masa depan.

Keempat, magang juga membantu seseorang memperoleh keterampilan yang lebih baik dan meningkatkan nilai jual mereka di pasar kerja. Melalui magang, seseorang dapat memperoleh keterampilan baru yang dibutuhkan dalam bidang atau industri tertentu. Hal ini dapat meningkatkan nilai jual mereka di pasar kerja dan memberikan keuntungan dalam mencari pekerjaan di masa depan.

Dalam kesimpulannya, magang sangatlah penting bagi Mahasiswa STIE Port Numbay Jayapura yang ingin mempersiapkan diri untuk memasuki dunia kerja. Magang memberikan kesempatan bagi seseorang untuk memperoleh pengalaman kerja nyata, membangun jaringan profesional, memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang jenis pekerjaan yang mereka minati, dan memperoleh keterampilan baru yang dibutuhkan dalam bidang atau industri tertentu. Semua manfaat ini dapat membantu seseorang mempersiapkan diri untuk memasuki dunia kerja dengan lebih baik dan dapat memberikan keuntungan dalam mencari pekerjaan di masa depan.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *