• Sab. Sep 7th, 2024

Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Internasional Bereputasi Bagi Dosen STIE Port Numbay Jayapura

Jun 30, 2023

stie-portnumbay.ac.id – Standar hasil Penelitian merupakan kriteria minimal tentang mutu hasil Penelitian. Hasil penelitian di Perguruan Tinggi diarahkan dalam rangka mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan daya saing bangsa. Hasil Penelitian sebagaimana dimaksud adalah luaran yang dihasilkan melalui kegiatan yang memenuhi kaidah dan metode ilmiah secara sistematis sesuai otonomi keilmuan dan budaya akademik. Hasil Luaran Penelitian yang dipublikasikan salah satunya dalam bentuk artikel ilmiah yang diterbitkan pada jurnal internasional bereputasi.

Artikel ilmiah adalah suatu karya tulis ilmiah yang menyesuaikan struktur artikel ilmiah dan menggunakan metodologi ilmiah dalam penyusunannya. Artikel ilmiah biasanya dipublikasikan di jurnal-jurnal yang berskala nasional dan internasional. Namun sangat disayangkan, bahwa jumlah artikel ilmiah yang ditulis dosen masih sangat sedikit yang diterima di jurnal bereputasi. Salah satu penyebabnya adalah kurang berkualitasnya manuskrip yang ditulis.

 

Berdasarkan hal-hal tersebut, maka STIE Port Numbay Jayapura berupaya untuk meningkatkan kualitas publikasi luaran penelitian berupa artikel ilmiah yang diterbitkan di jurnal bereputasi, melalui kegiatan Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Internasional dengan tema “Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Internasional Bereputasi Bagi Dosen STIE Port Numbay Jayapura”. Kegiatan ini berlangsung di ruang Pascasarjana STIE Port Numbay, Selasa (27/6/2023).

Adapun kegiatan ini mengundang narasumber Dr. Hendry Y. Nanlohy, ST., MT selaku Dosen Universitas Sains & Teknologi Jayapura dan merupakan Dosen LLDIKTI Wilayah XIV Papua. Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua STIE Port Numbay Dr. John Agustinus, SE., MM dan seluruh Dosen yang berada di lingkungan STIE Port Numbay Jayapura.

 

Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Internasional yang dilaksanakan bertujuan untuk :

  1. Menambah pemahaman dosen dan mahasiswa dalam menghasilkan artikel ilmiah yang terstruktur dan sistematis serta menarik minat pembaca.
  2. Memberikan peluang bagi para dosen untuk dapat meningkatkan nilai kinerja di bidang Penelitian sebagai bagian dari poin dalam mengajukan JJA maupun BKD.
  3. Memberikan peluang peningkatan h-indeks bagi para dosen melalui publikasi artikel ilmiah yang diterbitkan pada jurnal bereputasi.
  4. Meningkatkan kinerja berupa hasil kerja dosen yang mendapat rekognisi Internasional.

Bapak Dr. Hendry Y. Nanlohy, ST., MT yang memberikan penjelasan tentang pentingnya kualitas manuskrip yang menjadi syarat mutlak untuk dapat diterima di jurnal internasional bereputusi, serta memberikan arahan kepada para peserta untuk dapat menulis dengan baik, benar dan jelas hasil penelitian dalam bentuk manuskrip dan diterbitkan di jurnal internasional bereputasi sebagai bukti pengakuan atau rekognisi keilmuan yang dimiliki oleh setiap dosen di STIE Port Numbay Jayapura.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *